.

.

Wednesday, November 01, 2006

Mudik Part 03

Kamis, 26 Oktober 2006, Jam 10 besuk mbah di rumah sakit. Terus terang, air mata sempat menetes melihat kondisi mbah di ruang ICU. Masih terbayang ketika kita sempet bercanda ketika baru dating di Salatiga. Dan sekarang mbah putrid tergolek tak berdaya di tempat tidur. Tubuh mbah dimasuki selang-selang untuk membantu merekondisi stamina mbah. Begitu cepat kondisi mbah berubah menjadi lebih buruk. Di rumah sakit gw sekeluarga sempat berdiskusi kalo kepulangan kita diundur aja. Dan ibu bisa tinggal dulu di Salatiga unutk nemenin mbah. Setelah itu kita pulang. Malemnya kita makan burung dara . waaahhh enak buangeeddd.. nasi putih yang banyak pun ludes tanpa ada sisa. Rencananya pulang dari rumah makan mo mampir ke rumah sakit untuk jenguk mbah, namun bapak minta pulang dulu ke rumah. Jam 20.20, sampai depan pager rumah, terdengar raungan seseorang dari dalam rumah. Ternyata bulik berteriak histeris.. langsung pikiran gw ke arah mbah.. apakaah….??? Langsung gw parkir mobil sesegera mungkin dan ketika gw masuk rumah, adek gw bilang “ Mbah Putri dah pergi…. “ Oh Tuhan… rasanya baru kemaren kita masih bercanda, sekarang Kau panggil kehadapan-Mu. Semoga Engkau mau menerima mbah putri duduk di sisi kanan-Mu…… Langsung gw kabari Nonie di Jakarta. Tak terasa pipi gw basah oleh air mata. Akhirnya malam itu kita semua mempersiapkan rumah untuk menyambut jenazah mbah putri yang akan di semayamkan di rumah sampi esok hari. Satu persatu sodara yang sudah pulang kembali ke Salatiga. Malam itu juga bapak memutuskan akan tinggal dulu di Salatiga sampe hari minggu dan gw akan pulang besok setelah pemakaman mbah sama Anti, Putro dan Putri. Dan kita semua istirahat di ngawen untuk memulihkan stamina yg terkuras…

Jumat, 27 Oktober 2006, Pagi hari tamu yang melayat mbah mulai berdatangan, dan rencana mbah akan dikebumikan setelah sholat jumat, sekitar jam 2-an. Akhirnya mbah putrid pun dimakamkan bersebelahan dengan mbah kakung. Menurut orang-orang, mbah putrid – kakung benar-benar sehati karena tidak mau terpisahkan oleh waktu yang lama. Semoga mbah putrid mendapat kebahagiaan di sana bersama mbah kakung. Kami yang di sini hanya bisa mendoakan supaya mbah bisa hidup damai dala mkehidupan yang kekal. Sampe rumah kita akhirnya makan, karena dari pagi gak kepikiran untuk makan. Setelah makan, gw, anti, putro dan putri akhirnya pamit untuk balik duluan ke Jakarta. Jam 03.30 teng kita cabut. Perjalanan dari Salatiga menuju Bawen cukup padat dan sempat dalam kondisi macet. Namun selepas Bawen kondisi jalan lancer walaupun aga padat juga. Masuk tol Semarang, jalanan tidak terlalu ramai sehingga mobil bisa digeber hingga 110 kpj. Perjalanan dari semarang menuju Comal sangat sangat lancaaaaarrrrr.. sempet mampir ke pom buat buang hajat. Dan sampe rumah makan Pringjajar Comal pukul 19.00, wuihhh.. Cuma 3,5 jam udah ampe Comal. Setelah makan malam pake gurame bakar + sop buntut, perjalanan dilanjutkan dengan putro sebagai drivernya.. gw.. tidur donkkk. Ternyata style putro ga beda-beda jauh ama gw, Cuma beda dalam mentaati lampu merah.. heheheheh.. kalo die saat merah jalan kosong.. bablas waeeeee… Setelah 2 jam perjalanan kita udah keluar tol Cirebon, dan gw pun menggantikan puto sebagai driver. Perjalanan sempat diguyur hujan yang cukup deras, untungnya tidak ada halangan yang berarti di jalur Cirebon – Cikampek. Jam 01.15 kita sudah memasuki gerbang tol Cikampek. Sempat isi bensin duul di peristirahatan daerah Krawang, setelah itu gas poooollllll… Akhirnya, sampe Bekasi jam 02.00.. Puji Tuhan tidak ada hambatan yang berarti selama perjalanan. Dan akhirnya bobo deh ampe jam 8 pagi.. zzzzz.zzzz.zzzz